Inilah Manfaat jika Kamu Aktif Berorganisasi di Kampus

Banyak mahasiswa baru yang bertanya-tanya dalam hatinya sendiri saat dihadapkan dengan pilihan masuk kedalam organisasi. Sebenarnya apa ya yang nanti akan saya dapatkan? Jika ada mahasiswa yan bertanya seperti itu pada saya, maka dengan segera saya akan menjawab “Dapet capek, waktunya jadi padat, jadi jarang bisa mudik kerumah, uang saku bisa terkuras karena harus mobile kesan kemari”. Ya itu jawaban yang sangat realistis. Namun dibalik jawaban saya itu ada banyak manfaat yang akan kamu rasakan setelah pasca kalian menjalani hal tersebut dalam dunia kerja dimasa mendatang.
Rahasia Aktif Berorganisasi di Kampus
Rahasia Aktif Berorganisasi di Kampus
Memang manfaatnya apa? Oh, banyak banget. Dengan berorganisasi akan membekali diri dengan keterampilan komunikasi. Di dunia kerja, kita akan sering dihadapkan dengan diskusi untuk menyelesaikan masalah pekerjaan. Agar dapat mengutarakan pendapat dengan baik, tentu kita harus memiliki keterampilan komunikasi, seseorang yang aktif organisasi akan lebih mudah dalam menyampaikan pendapat. “Keterampilan berkomunikasi ini akan memudahkan kita mengutarakan pendapat, mendengarkan pendapat orang lain, serta tahu kapan saat tepat untuk mempertahankan pendapat. Jangan sampai ide cemerlang kita tidak tersampaikan sehingga perusahaan mengambil keputusan yang biasa saja karena kita tidak pandai mengomunikasikannya,”

Terlihat sepintas tugas-tugas yang kita peroleh di dunia kerja tampak seperti tanggung jawab individu. Namun jika dilihat lebih dalam lagi, tugas yang diberikan kepada masing-masing karyawan itu bersifat interdependensi (saling ketergantungan) yang bertujuan untuk memajukan perusahaan. Kemampuan yang mumpuni dalam bekerja sama (teamwork) akan memudahkan pekerjaan dan target-target perusahaan terpacai. Kemampuan bekerja sama dengan orang lain ini tidak terjadi secara instan sebab harus melewati beberapa proses. Untuk meningkatkan kemampuan ini, kita dapat melatih diri dengan bergabung dalam organisasi. Tak perlu menunda waktu untuk aktif, kita dapat memulainya semenjak berada di bangku kuliah. Masa kuliah adalah saat yang tepat untuk mengembangkan hardskill  dan softskill  kita. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali setelah pasca selesai kuliah dan akan menjadi bekal terbaik dalam mengarungi tantangan kehidupan dimasa depan. Tantangan kedepan kamu akan dihadapkan dalam kehidupan yang realistis yang dimana kamu harus mempertahankan prinsip idealis kamu, agar kamu tetap bertahan dalam koridor-koridor kebaikan dalam menjali kehidupan.

Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan aktif organisasi, bahkan manfaat itu akan dapat kita rasakan hingga memasuki dunia kerja, pada saat proses rekrutmen kerja, orang-orang yang aktif berorganisasi, meskipun dengan IPK yang standar akan lebih dilirik perusahaan dibanding mereka yang tidak aktif berorganisasi. Pihak perusahaan lebih yakin, orang yang aktif organisasi sudah terbiasa menghadapi konflik sehingga tidak akan terkejut ketika berhadapan dengan masalah pekerjaan.

Salah satu pilihannya adalah jika anda mau jadi seorang pengusaha atau berkarir diperusahaan, hal tersebut sama-sama memerlukan hardskill  dan softskill (kecakapan bersikap). Jadi jika berbicara karir tidak melulu hanya didunia kerja perusahaan, namun berkecimpung didunia bisnis atau menjadi pengusaha juga memerlukannya. yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana kita memilih orgasasi atau komunitas yang tepat agar kemampuan dapat terasah dan berkembang dengan baik. Bagaimana dengan Anda yang sudah terlanjur lulus dan tidak sempat aktif organisasi? Mudah saja, ikutlah komunitas ataupun forum yang bersifat positif. Pemilihan komunitas itu dapat juga berdasarkan hobi yang Anda miliki.

Banyak kan manfaat jangka panjang yang akan Anda peroleh dengan aktif organisasi. Jadilah lulusan yang berkualitas secara hardskill maupun softskill. Bila Anda sudah terlanjur lulus dan belum sempat aktif, segeralah bergabung dengan komunitas yang Anda suka karena tidak ada kata terlambat untuk belajar

0 Response to "Inilah Manfaat jika Kamu Aktif Berorganisasi di Kampus "

Post a Comment