[Tutorial] Membangun Server Web Sendiri di VPS dengan EasyEngine

Berawal dari kekhawatiran saya mendapatkan kabar kalau serverpilot pada tanggal 10 Juli 2018 sudah tidak gratis lagi layanannya. Sementara hampir sebagian besar web dan Landing Page (LP) saya menggunakan layanan serverpilot sebagai panel kelolanya.

Setelah bertanya kesana kemari dan mengumpulkan banyak referensi tentang alternatif serverpilot, jatuhlah pilihan ke easyengine. Alasananya sederhana, karena sebagian kawan-kawan merekomendasikan ini lalu saya mencobanya dan lancar digunakan untuk script yang saya miliki. Nah, [Tutorial] Membangun Server Web Sendiri di VPS dengan EasyEngine saya dokumentasikan untuk saya sendiri karena saya orangnya pelupa.



Sumber script saya sadur dari beberapa website yang banyak bertebaran digoogle, salah satunya https://easyengine.io/ dan http://lms.onnocenter.or.id/wiki/index.php/Nginx:_Agar_Bisa_buka_folder . Menggunakan VPS Google Cloud, CDN (Content Delivery Network) Cloudflare untuk mengelola domain dan doamain dari Namecheap. 

Dibawah ini sudah saya buatkan video tutorialnya agar lebih jelas dan mudah. Mari kita simak bersama-sama video berikut. Semoga bermanfaat :)



4 Responses to "[Tutorial] Membangun Server Web Sendiri di VPS dengan EasyEngine"

  1. Mantap, tks infonya, sukses trus blognya

    ReplyDelete
  2. tengkiu suhu semoga berkah, langsung tekapeh, biar telat yang penting dapat

    ReplyDelete